021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Cek Merek Dagang HAKI Terbaik dan Terpercaya

Cara cek merek sudah terdaftar atau belum. Yuk simak cara terbaik mengecek merek terdaftar di HKI agar bisa terhindar dari penolakan saat pendaftaran merek dagang. Patendo sudah dipercaya oleh banyak pengusaha dari dalam dan luar negeri, untuk melihat sebagian klien Patendo, silahkan klik disini. Patendo Konsultan HKI terdaftar melayani pendaftaran merek, cek merek haki dan perpanjangan merek.

Tujuan dan Manfaat Cek Merek

Bagaimana cara cek merek HAKI?

Cara terbaik untuk cek merek dagang sebelum pendaftaran merek adalah dengan menghubungi konsultan merek/ konsultan hki terdaftar, agar hasil cek merek bisa maximal karena konsultan hki terdaftar sudah berpengalaman bertahun tahun dalam pengecekan dan pendaftaran merek sedangkan bagi masyarakat awam baru tahu tentang cek merek.

cek merek melalui konsultan hki terdaftar Patendo dapat mengecek merek yang sama atau mirip dengan merek yang sudah ada, karena merek yang mirip bisa mengakibatkan pendaftaran merek ditolak pendaftaranya oleh Ditjen KI.

Bagaimana cara memeriksa suatu merek?

Memeriksa merek atau cek merek dilakukan oleh konsultan hki untuk mengurangi resiko penolakan atas merek yang akan didaftarkan. Dengan memerhatikan beberapa apek termasuk jenis barang atau jasa yang akan didaftarkan oleh pendaftar merek.

Berapa lama sertifikat merek keluar?

Sertifikat merek akan diterbitkan oleh Ditjen KI setelah merek disetujui dan melalui beberapa pemeriksaan dan masa pengumuman. Sertifikat tidak dikeluarkan oleh Konsultan KI, tugas konsultan KI membuat dokumen yang sesuai dengan yang diminta oleh Ditjen KI. Biasanya sertifikat merek akan dikeluarkan Ditjen HKI sekitar 2,5 tahun dari tanggal pendaftaran.

Apa fungsi pendaftaran merek?

Fungis pendaftaran merek diantaranya untuk melindungi pihak yang memiliki merek pertama kali dari kasus plagiat dari pihak lain, agar merek produk yang dibuat tidak ditiru oleh orang lain sehingga tidak membingungkan customer dipasar. Jangan sampai merek yang tidak aslinya memproduksi produk yang dibawah kualitas dari merek aslinya tentu akan merugikan dan mengecekan pembeli merek tersebut.

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat merek?

Sertifikat bisa didapatkan setelah anda melakukan pendaftaran merek terlebih dahulu, alangkat baik pendaftaran merek bisa melalui konsultan hki terdaftar patendo yang sudah dipercaya oleh banyak klien dari dalam dan luar negeri. Sertifikat merek akan dikeluarkan oleh Ditjen KI setelah mendapat persetujuan pihak Ditjen Ki dan tidak ada keberatan dari pihak manapun.

Bagaimana cara mendapatkan hak merek?

Merek dagang yang anda perkenalkan dan anda jual dipasar tidak otomatis menjadi milik anda sebelum didaftarkan secara resmi sehingga mendapat pengakuan yang sah dari negara. Anda bisa menghubungi patendo di cs@patendo.com untuk cek merek dan pendaftaran merek sehingga anda bisa konsentrasi mengurusi usaha anda tanpa repot repot mendaftarkan merek anda. Merek yang terdaftar akan meningkatkan kepercayaan pelanggan produk anda.

Berapa biaya mendaftarkan merek?

Biaya pendaftaran merek yang anda keluarkan akan kembali berkali kali lipat jika merek anda sudah terdaftar. Karena akan menambah loyalitas pembeli akan produk yang anda jual. Biaya pendaftaran merek untuk perorangan atau perushaan melalui konsultan HKI terpercaya Patendo sama yaitu sebesar Rp 3.000.000 per merek per kelas.

Patendo juga melayani pendaftaran merek untuk warga negara asing atau perusahaan asing dari luar negeri dengan harga spesial.

Siapa yang berhak mengajukan hak merek?

Jika anda pengusaha yang belum mempunyai badan hukum, tetap boleh mendaftarkan merek dagang. Perusahaan baik CV atau PT ataupun yayasan juga boleh mendaftarkan mereknya. Adapun biaya sama untuk perorangan WNI atau perusahaan di Indonesia. Untuk WNA atau perusahaan asing dari luar negeri juga bisa mendaftarkan mereknya melalui Patendo.

Pendaftaran merek kemana?

Pendaftaran merek bisa anda lakukan melalui konsultan Patendo, anda akan dipermudah dengan bantuan konsultan Patendo. Dokumen disiapkan oleh Patendo dan anda tinggal duduk manis tandatangi dokumen tersebut. Biaya yang ditawarkan oleh Patendo juga tetap terjangkau dan sertifikat merek jika merek nanti sudah disetujui oleh Ditjen HKI akan anda dapatkan tanpa biaya tambahan lagi.

Bagaimana cara mengajukan permohonan pendaftaran merek?

Silahkan hubungi Patendo dengan chat yang ada diweb atau bisa langsung email saja ke cs@patendo.com , sebelum pendaftaran merek akan dilakukan cek merek dengan biaya Rp 200.000 per merek per kelas. cek merek berfungsi apakan merek yang akan didaftarkan sudah ada yang punya atau belum, jika belum ada yang punya maka merek tersebut bisa didaftarkan.

Permohonan pendaftaran merek diajukan kepada siapa?

Permohonan pendaftaran merek bisa dibantu oleh konsultan HKI Patendo yang sudah dipercaya oleh banyak klien dari dalam dan luar negeri. Bersama konsultan Patendo anda tidak perlu pusing mengurusi pendaftaran merek anda. Patendo akan membantu anda dalam proses cek merek dan pendaftaran merek dengan biaya terjangkau dan proses yang mudah.

Berapa lama permohonan pendaftaran merek?

Untuk proses permohonan pendaftaran merek membutuhkan waktu 3 hari setelah anda menandatangani dokumen yang sudah dibuatkan oleh konsultan KI Patendo. Adapun persetujuan merek merupakan kewenangan Ditjen KI, biasanya meembutuhkan waktu sekitar 2,5 tahun. Setelah merek anda disetujui oleh Ditjen KI maka sertifikat merek bisa anda dapatkan.

Mengapa harus daftar merek?

Dengan mempunyai merek yang terdaftar anda bisa mewaralabakan merek anda, seperti halnya banyak merek restoran ataupun merek stand makanan yang telah banyak difranchisekan seperti bebek h slamet, kebab turki baba rafi dan berbegai merek lainnya. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dengan menjual franchise atas merek anda. Merek juga bisa menjaga loyalias pelangganan anda. Tanpa merek akan sulit bersaing dengan competitor anda.

Mengapa penting mendaftarkan merek?

Bayangkan merek yang anda buat laris dipasaran. Kemudian jutaan orang membeli produk dari merek anda. Anda sudah pasarkan merek tersebut selama bertahun tahun dengan susah payah mengenalkan merek anda ke berbagai kalangan dengan mengeluarkan biaya promosi yang sangat mahal, tetapi merek tersebut belum anda lindungi atau daftarkan.

Kemudian tanpa sepengetahuan anda, merek tersebut didaftarkan oleh orang lain atau didaftarkan oleh pesaing anda atau malah didaftarkan oleh konsumen anda sendiri dan pendaftaran mereknya disetujui Ditjen KI. Maka anda akan kehilangan merek anda, karena merek yang anda pasarkan ternyata sudah dimiliki orang lain, maa anda harus mengganti merek anda kalau tidak ingin dituntut oleh pemilik merek tersebut.

Dan anda mulai dari awal mengenalkan merek baru ke pasaran, tentu sangat melelahkan memulai dari nol. Belajarkan dari kasus ayam geprek bensu, cari kisahnya di internet karena terlalu panjang jika harus ditulis disini.

Untuk apa merek itu harus ada?

Merek itu harus ada untuk membedakan kualitas barang/ jasa yang satu dengan yang lain. Bayangkan jika anda di indomaret dan seua barang yag dijual tidak ada mereknya, bagaimana anda bisa memilih barang yang sesuai dengan kualitas yang anda cari?

Tentu anda akan kebingunan barang yang satu dengan yang lain bentuknya hampir sama tapi tidak anda merek dalam kemasannya. Tentu semua pembeli akan kebingungan menentukan barang mana yang akan dibeli. Merek berfungi sebagai pembeda produk satu dengan produk yang lain.

Kenapa harus ada merek apa tujuan dan fungsinya?

Fungsi merek yang utama adalah untuk membedakan produk satu dengan produk yang lain. Jika kita menyebut suatu nama merek maka kita akan tahu dari perusahaan mana produk tersebut. Sehingga pembeli bisa menentukan produk mana yang akan dia beli tanpa ragu kuliatas produk yang akan dibeli.

Tujuan penggunaan merek yaitu sebagai identitas suatu produk yang mempunyai manfaat sebagai pengendali pasar dalam membedakan produk suatu perusahaan dengan produk pesaing sehingga mempermudah pembeli untuk mengenali produk yang akan dibeli dan juga bertujuan sebagai alat promosi yaitu sebagai daya tarik suatu produk atau jasa yang dijual. Dengan merek maka pembeli akan lebih mudah menentukan produk mana yang akan dibeli.

Manfaat Cek Merek

Pengecekan atau penelusuran merek dagang adalah salah satu langkah dalam prosedur pengajuan pendaftaran merek. Anda bisa menghubungi konsultan HKI Patendo untuk melakukan cek merek. Mengapa merek perlu diperiksa terlebih dahulu?

Seperti yang diketahui, merek dagang membantu pebisnis memperkenalkan produknya kepada target pasar. Ketika produk semakin dikenal masyarakat, maka merek juga bakal ikut populer. Konsumen juga akan langsung mengenali produk Anda saat seseorang menyebutkan mereknya.

Namun tanpa cek merek sejak awal, produk akan rentan mengalami masalah. Salah satu kasus yang sering dialami pebisnis adalah kesamaan nama merek yang dipakai pebisnis lain. Posisi Anda pun kian terancam apabila kompetitor sudah mendaftarkan nama mereknya. Selain ada kemungkinan membayar denda, Anda juga harus mengganti merek dagang tersebut.

Kemudian dengan cek merek, Anda bisa segera melakukan revisi atau perombakan total pada merek apabila ditemukan kesamaan. Anda juga dapat berkonsultasi dengan konsultan hki seperti Patendo untuk merancang merek yang sesuai produk sekaligus menarik perhatian target pasar.

Seperti apa kriteria merek dagang yang baik

Seperti apa kriteria merek dagang yang baik?

Sebenarnya, Anda dapat mencegah kesamaan merek dengan kompetitor sejak mendesain merek dagang tersebut. Maka selain memperhatikan pemeriksaan, Anda juga perlu mengetahui kriteria merek yang layak digunakan dan tentunya mampu bersaing di pasaran.

• Belum pernah digunakan

Kriteria yang satu ini wajib dipenuhi merek dagang mana pun kalau Anda ingin Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual cepat menerima dan meresmikannya. Anda dapat mengecek merek melalui jasa konsultan merek Patendo.

Kalau ternyata sudah terdaftar, Anda bisa langsung mencari alternatif yang tak melenceng dari karakteristik produk dan memenuhi prosedur yang diberlakukan.

• Mencerminkan produk bisnis

Masih banyak pebisnis yang meremehkan pencarian merek, padahal elemen ini memegang peran penting sebagai identitas produk. Sebagai contoh, saat mendengar Twitter, Anda pasti akan langsung membayangkan platform sosial dengan ikon burung biru. Merek yang dipilihkan untuk produk bisnis harus mempunyai kekuatan seperti itu agar terus melekat dalam ingatan konsumen.

• Mudah diucapkan

Selain mudah diingat, merek dagang sebaiknya mudah diucapkan juga. Ketika cek merek, lafalkan dengan lantang untuk mengetahui apakah mereknya tak menyusahkan lidah Anda. Merek yang sulit konsumen ucapkan akan membuat mereka lebih memilih produk lain. Selain itu, hal ini membuat merek sukar didengarkan saat sedang dibahas konsumen.

• Unik dan relevan dengan produk

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Google mampu menyaingi Yahoo sebagai browser paling populer di dunia? Selain branding yang bagus, Google termasuk merek yang unik dan mudah diingat banyak orang.

Sementara dari segi etimologi, Google berasal dari kata googol, sebuah istilah matematika untuk angka satu (1) yang kemudian diikuti 100 angka nol. Relevan dengan fungsinya sebagai browser.

• Hindari menggunakan singkatan

Anda mungkin sering menemukan brand yang populer saat cek merek, salah satunya Louis Vuitton (LV). Sementara di sektor lokal dulu ada IM3 yang merupakan singkatan dari Indosat Multimedia Mobile. Walau terdengar praktis, singkatan sebaiknya dihindari saat menentukan merek karena akan memicu ambiguitas dan kemiripan dengan merek lain.

• Siapkan nama produk yang pendek

Nama produk yang pendek adalah trik efektif untuk menarik perhatian konsumen maupun investor yang tertarik dengan bisnis Anda. Contoh yang bisa Anda simak dalam kasus ini adalah Gojek yang tadinya bernama Penyedia Ojek Online. Jika mereka menggunakan nama lama, mungkin Gojek tak akan menjadi sebuah start-up yang besar seperti sekarang karena terlalu panjang dan kurang menarik.

• Nama produk memiliki makna positif

Perhatikan makna dari nama produk saat Anda cek merek. Sebagian masyarakat Indonesia percaya bahwa nama adalah doa dan kadang hal ini berlaku saat mereka mencari nama produk atau merek yang pas untuk bisnisnya. Untuk itu usahakan merek atau nama produk tersebut memiliki makna positif yang akan memberikan kesan baik pada konsumen maupun klien.

Dasar hukum dan tugas konsultan HKI
Dasar hukum dan tugas konsultan HKI

Kendati nantinya berurusan dengan hukum, konsultan HKI tak harus diwajibkan datang dari latar belakang pendidikan di bidang tersebut. Profesi ini juga terbilang lebih mudah dibandingkan hakim peradilan umum maupun notaris. Selama menguasai bidang hak kekayaan intelektual dan sudah terdaftar resmi, konsultan HKI dapat memberikan jasa pengajuan dan pengurusan HKI.

Konsultan HKI terdaftar Patendo berada di bawah Asosiasi Konsultan HKI Indonesia dengan dasar hukum Peraturan Pemerintah 2/2005.

Manfaat-manfaat cek merek dan pendaftaran merek dengan konsultan HKI
Sebagai pertimbangan, berikut manfaat-manfaat yang akan Anda peroleh saat menggunakan jasa konsultan HKI

• Memastikan status merek dalam waktu cepat

Untuk cek merek, Anda memang bisa mengandalkan bantuan konsultan hki Patendo.
Dalam waktu cepat, Anda bakal mengetahui status merek yang hendak didaftarkan. Dengan begitu, Anda bisa melanjutkan proses atau mengubah merek apabila ditemukan kesamaan.

• Mengurangi risiko plagiarisme

Plagiarisme adalah tindakan yang merugikan banyak pihak. Sayangnya, beberapa orang, terutama mereka yang belum berpengalaman dalam berbisnis, kadang tak awas dan akhirnya tanpa sengaja melakukan tindakan ini. Cek merek dengan konsultan HKI Patendo pun dapat membantu menekan risikonya.

Ketika konsultan HKI mendapati merek yang Anda ajukan ternyata sama dengan pebisnis lain, mereka bakal langsung meminta Anda mengubahnya. Secara tak langsung, plagiarisme dapat dihindari.

• Menghindari eksploitasi merek dagang

Eksploitasi atau pemanfaatan demi kepentingan pribadi tentunya menimbulkan kerugian besar pada bisnis yang Anda lakukan. Selain plagiarisme, klaim pihak lain yang dilakukan secara ilegal bisa saja menyulitkan Anda mengembangkan bisnis atau bahkan sampai harus ganti merek.

Memakai jasa konsultan HKI Patendo dapat mencegah risiko-risiko tersebut. Pendaftaran merek akan membuat orang-orang yang punya niat jahat berpikir berulang kali sebelum berurusan dengan hukum.

• Mengurangi kompetitor yang serupa

Cek merek yang dilakukan dengan bantuan konsultan HKI Patendo pun akan mencegah Anda menggunakan nama produk atau merek yang serupa dengan kompetitor. Kemiripan, entah dari segi desain, nama, atau warna, sangat mempengaruhi penilaian konsumen saat hendak menggunakan barang atau jasa Anda.

Ketika mengeliminasi faktor kemiripan tersebut, secara tak langsung Anda dapat membuat produk lebih mencolok di mata konsumen. Terutama kalau jenis bisnis tersebut terbilang populer.

• Mendapatkan proteksi hukum yang jelas

Konsultan HKI terdaftar akan memastikan Anda selaku klien mereka mengikuti setiap tahap dari awal sampai akhir. Ingat, memakai konsultan HKI bukan berarti merek Anda dijamin diterima seratus persen. Anda justru akan mendapatkan bimbingan supaya tak melakukan kesalahan fatal.

Dengan prosedur yang tepat, proteksi hukum yang diberikan pun lebih terjamin. Anda tak akan merasa cemas atau gelisah untuk menjalankan bisnis tersebut.

• Membantu klien yang sibuk

Kesibukan adalah salah satu alasan yang membuat seseorang tak kunjung sempat mengajukan pendaftaran merek.. Oleh karena itu, keberadaan konsultan HKI seperti Patendo dinilai sangat membantu, sebab sebagian tanggung jawab Anda akan mereka proses.

Walau konsultan HKI dapat membantu cek merek, Anda tetap perlu menyediakan dokumen lengkap dan valid untuk melancarkan prosesnya saat pendaftaran.

• Biaya jasa yang terjangkau

Biaya tentunya menjadi pertimbangan saat seseorang hendak memakai jasa konsultan. Kalau Anda bandingkan dengan pendaftaran yang dilakukan sendiri, biaya jasa yang dikeluarkan saat mengandalkan konsultan justru lebih terjangkau. Belum lagi waktu pengerjaannya yang cepat.

Mengapa? Karena konsultan HKI akan langsung mengantarkan Anda ke tahap atau tempat sesuai kepentingan. Sementara pengajuan sendiri kadang merepotkan karena Anda belum tahu tata caranya.

Patendo siap membantu proses cek merek

Langkah awal cek merek, silahkan diemail ke cs@patendo.com

1. Nama merek yang ingin didaftarkan.

2. Disebutkan jenis jasa / barangnya berupa apa.

3. Nama pendaftar.

4. Nomer telpon pendaftar.

Email akan direply dalam 3 jam di jam kerja.

Keterangan lebih lanjut silahkan baca halaman biaya dan cara daftar merek , atau bisa chat di web ini atau hubungi W A 0853 5122 5081.

Fungsi cek merek sangatlah penting, karena akan dapat diketahui apakah merek yang akan didaftarkan sudah dimiliki orang lain atau belum, jika belum ada yang memiliki merek tersebut maka peluang merek diterima oleh Dirjen menjadi lebih baik. Lindungi merek usaha anda agar tidak dipergunakan orang lain. Segera hubungi Patendo.

Cek Merek Dagang Online

Cara Cek Merk Sudah Terdaftar Atau Belum

Cara cek merk sudah terdaftar atau belum. Pendaftaran merek harus melalui beberapa tahapan salah satunya penelusuran merek / cek merek dagang. Mengingat ada banyak sekali para pelaku bisnis di Indonesia sehingga tidak menutup kemungkinan jika pemilik usaha yang satu dan yang lainnya membuat merek yang sama.

Oleh sebab itu, cek merek ini untuk mengantisipasi agar merek yang diajukan tidak ditolak. Cara cek merk sudah terdaftar atau belum dapat dilakukan dengan baik dengan bantuan konsultan HKI terdaftar. Anda bisa menghubungi Patendo untuk penelusuran merek.

Dari penelusuran tersebut, anda bisa mendapatkan gambaran mengenai ada tidaknya kesamaan merek yang akan diajukan dengan merek lain.

Setelah melakukan penelusuran merek ini, biasanya anda akan diarahkan untuk mengecek kelas merek dari produk yang anda jual. Untuk penelusuran secara mandiri memang tidak semudah yang dibayangkan, diperlukan konsultan merek agar cek merek haki maximal, silahkan hubungi kami.

Bisa jadi dalam cek merek tersebut, terdapat kemiripan antara merek yang akan diajukan dengan merek yang sudah terdaftar sehingga memiliki resiko juga merek akan ditolak.

cekKonsultan HKI merupakan sebuah profesi yang terjun di dunia hukum kekayaan intelektual. Keberadaannya sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No.2 tahun 2005.

Konsultan HKI dimaksud untuk membantu pelaku bisnis yang akan mengajukan permohonan pendaftaran merek. Jika anda merasa kesulitan melakukan pendaftaran merek, maka sangat disarankan menghubungi kami.

Karena konsultan HKI sudah cukup berpengalaman dalam bidang ini. Dengan demikian, anda tidak perlu kebingungan saat melakukan cek merek yang sudah terdaftar.

Memang penelusuran merek dapat dilakukan secara mandiri. Namun tidak sedikit yang akhirnya mengeluh karena kurang memahami bagaimana cara cek merek yang sudah terdaftar secara tepat, terutama bagi pelaku bisnis yang masih awam.

Jika mengalami masalah tersebut, maka sebaiknya cek merek yang sudah terdaftar perlu dilakukan dengan bantuan konsultan HKI terdaftar. Silahkan hubungi Patendo.

Biaya Pengurusan Merek Dagang

Cara melakukan penelusuran klasifikasi merek dagang

Karena terdapat kemiripan antara beberapa kelas, banyak orang yang akhirnya kebingungan dalam menentukan klasifikasi merek. Padahal pengisian klasifikasi merek ini sangat penting dilakukan dan kesalahan menentukan klasifikasi merek bisa berakibat ditolaknya pengajuan pendaftaran merek.

Oleh sebab itu, dalam proses pendaftaran merek pemohon perlu melakukan penelusuran klasifikasi merek terlebih dahulu.
Penelusuran merek dapat dilakukan dengan bantuan konsultan HKI Patendo dengan membuka halaman kelas barang / jasa.

Pada kolom pencarian, anda tinggal memasukkan produk yang akan didaftarkan mereknya, setelah itu pilih search maka akan muncul beberapa klasifikasi merek.

Klasifikasi merek merupakan penggolongan barang atau jasa yang akan diajukan mereknya. Untuk mengetahui secara rinci mengenai klasifikasi merek setiap kelas, anda bisa melihat di website Patendo termasuk juga melakukan penelusuran klasifikasi merek.

Namun, sebelum melakukan penelusuran klas merek, anda juga perlu mengecek daftar merek yang sudah didaftarkan di Ditjen HKI untuk mengantisipasi kesamaan merek. Atau anda bisa kunjungi halaman kelas barang & jasa.

Yuk Simak Cara Mengecek Merek Terdaftar di HAKI

Tips memilih merek dagang dan manfaat Cek Haki

Bagi setiap pebisnis, memiliki merek / brand dagang untuk produk atau jasa layanan tertentu, tentu menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, bukan? Hal ini lantaran merek dagang berguna untuk mendapat perlindungan secara sah di mata hukum.

Selain itu, adanya merek dagang juga berguna untuk memudahkan masyarakat dalam mengenali produk atau jasa layanan yang ditawarkan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda sebagai pemilik bisnis yang ingin mengeluarkan produk atau jasa layanan tertentu, perlu untuk memperhatikan beberapa hal dalam memilih maupun dalam melakukan cek merek dagang yang digunakan nantinya. Untu cek haki alangkah baiknya anda menghubungi Patendo.

Apa tujuan cek Haki ?

Bagi seorang pebisnis, melakukan cek haki menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan pendaftaran merek dagang kepada pihak terkait. Hal ini dilakukan lantaran bertujuan untuk mengetahui apakah merek dagang yang akan didaftarkan nanti sudah ada atau belum dipakai oleh pihak lain.

Tidak hanya perihal nama saja, namun dari segi gambar / desain / logo, warna merek dan lain – lain perlu untuk diketahui terlebih dahulu. Melakukan cek merek dagang ini juga berfungsi untuk menghemat waktu dan biaya agar Anda tidak perlu lagi mendaftar ulang merek dagang jika nanti kedapatan ada kesamaan merek dengan pihak lain.

Bagi seorang pebisnis, melakukan cek merek dagang menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan pendaftaran merek dagang kepada pihak terkait. Hal ini dilakukan lantaran bertujuan untuk mengetahui apakah merek dagang yang akan didaftarkan nanti sudah ada atau belum dipakai oleh pihak lain.

Untuk proses cek merek dan pendaftaran merek secara online silahkan hubungi Patendo, terima kasih.