021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Definisi Merek Dagang

Fungsi dan manfaat merek dagang. Kasus sengketa merek apa saja yang bisa dijadikan pelajaran. Pengertian merek dagang adalah jenis kekayaan intelektual dalam bentuk nama atau simbol yang berkaitan dengan suatu produk atau jasa. Kekayaan intelektual merupakan hak yang merupakan hasil pemikiran yang menghasilkan produk atau proses yang bermanfaat bagi manusia. Merek dapat tertera pada produk, kemasan, label, hingga voucher.

Pemilik dari merek bisa saja berupa perusahaan, organisasi bisnis, badan hukum, atau individu. Banyak perusahaan yang memajang merek di gedung perusahaan sebagai identitas. Hal tersebut sudah diakui sebagai kekayaan intelektual secara hukum.

Fungsi Merek Dagang

Fungsi Merek Dagang

Berikut ini beberapa fungsi penting dari merek dagang.

1. Sebagai pembeda

Suatu perusahaan memberikan nama akan produknya untuk membedakan barang tersebut dengan barang lain. Merek juga memiliki fungsi untuk mengidentifikasi produk tertentu baik berupa barang maupun jasa. Konsumen juga akan lebih mudah mengenali suatu produk dengan adanya merek dagang.

2. Sebagai perlindungan hukum

Dengan mendaftar merek, suatu perusahaan akan mendapatkan perlindungan hukum dan hak eksekutif akan merek tersebut. Jika ada pihak lain yang menggunakan merek, pemilik bisa menuntut secara hukum. Pemilik merek juga bisa memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan merek dagangnya dengan izin resmi.

3. Sebagai jaminan kualitas

Suatu produk dengan kualitas yang baik dan terjamin dalam waktu lama akan mampu menarik banyak konsumen. Merek akan memberikan keyakinan atau kepercayaan bahwa produknya tidak diragukan lagi kualitasnya. Konsumen akan terus menerus menggunakan produk tersebut.

4. Sebagai alat promosi

Masyarakat mudah mengenali produk dengan merek unik, berkualitas, dan harga sepadan. Konsumen akan tertarik baik pada produk lama ataupun produk baru dari merek sama. Apabila merek memiliki reputasi yang meningkat akan bisa menarik perhatian berbagai konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Menentukan Merek Dagang

Menentukan Merek Dagang

Selain mengetahui pengertian merek dagang dan fungsinya, penting juga untuk mengetahui cara membuat merek dagang yang baik.

1. Memunculkan merek baru

Dengan menggunakan merek yang belum ada sebelumnya maka bisa menjadi wajah dari produk tertentu. Dengan merek baru maka bisa mencegah adanya tuntutan jika saja merek tersebut sudah terdaftar. Untuk mengetahuinya bisa menggunakan berbagai media yang ada.

2. Merek menggambarkan produk

Hal yang penting adalah merek harus mampu memberi gambaran akan produk tersebut kepada masyarakat. Dalam menentukan nama bisa menyesuaikan dengan target pelanggan. Dengan demikian pemasaran akan lebih mudah dan efektif untuk dilakukan.

3. Logo merek menarik

Logo merek yang unik juga bisa menjadi ciri khas produk. Bisa menggunakan desain gambar tertentu atau hanya singkatan atau tulisan merek. Pastikan logo mudah terlihat baik mereknya ataupun warna yang ada di dalamnya.

4. Pengucapan merek yang mudah

Menggunakan merek yang mudah diucapkan akan turut membantu promosi kepada lebih banyak konsumen. Misalnya jika seseorang ingin merekomendasikan suatu produk tentu akan lebih mudah mengucapkan dan mengingatnya. Merek bisa menggunakan istilah sehari-hari yang menggambarkan produk.

5. Memilih nama yang unik

Nama yang unik dapat membuat merek bertahan dalam waktu lama dan tidak kalah dengan pesaingnya karena memiliki brand awareness tinggi. Menggunakan nama yang pendek juga akan membantu konsumen untuk mudah mengucapkan dan mengingatnya. Gunakan istilah yang memiliki arti positif dan tidak mengandung unsur SARA.

Mengetahui pengertian merek dagang, fungsi, dan cara menentukannya merupakan langkah awal sebelum mendaftarkan merek. Pendaftaran merek juga dapat membantu konsumen dalam bertransaksi. Misalnya untuk mencegah adanya produk serupa namun dengan kualitas jauh berbeda dari merek yang resmi.

Manfaat Merek Dagang

Manfaat Merek Dagang

Pada dasarnya memiliki merek bisa memberikan manfaat yang besar. Adapun 7 manfaat merek tersebut adalah sebagai berikut di bawah ini.

Sebagai tanda pengenal

Pada umumnya, suatu barang yang diproduksi akan memiliki sebuah merek tersendiri. Hal ini dilakukan karena mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya adalah karena pihak individu atau perusahaan yang memproduksi barang tersebut ingin membedakan barang produksinya dengan barang yang lain, terutama yang barangnya memang mirip atau sejenis.

Hal ini karena pada hakikatnya sebuah merek sangat berguna untuk mengidentifikasi suatu layanan, baik itu layanan jasa maupun barang. Oleh karena itu, tidak heran jika nama atau merek suatu produk memiliki perlindungan hukum.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa anda tidak bisa seenaknya saja mengambil atau menggunakan nama merek yang sudah ada sebagai merek anda. Apabila anda melakukan hal ini maka anda bisa dituntut oleh sang pemilik merek.

Akan tetapi, perlu digaris bawahi bahwa merek yang memiliki perlindungan hukum adalah merek yang unik dan tentu saja yang sudah telah didaftarkan. Dengan demikian, merek yang sudah memenuhi kriteria tersebut akan mendapatkan perlindungan hukum secara penuh.

Sebagai alat promosi

Sebagai alat promosi

Apabila anda menjual barang atau produk di pasaran, tentu saja produk atau barang anda yang paling dikenal di kalangan masyarakat adalah yang memiliki merek. Hal ini karena, khalayak ramai cenderung akan mengingat sebuah produk yang sudah memiliki nama.

Selain itu, produk yang sudah memiliki nama tersendiri akan membuat masyarakat selalu mengingat merek tersebut yang kemudian mendorong mereka untuk membeli produk tersebut. Apalagi jika merek produk tersebut sudah lama terkenal di kalangan masyarakat.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa ketika ada orang yang menyebut merek tertentu, maka secara otomatis orang tersebut akan langsung teringat dengan barang atau jasa yang anda jual. Oleh karena itu, merek yang dimiliki perusahaan bisa digunakan sebagai salah satu aset pemasaran yang efektif untuk produk barang atau jasa yang dihasilkannya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin terkenal sebuah produk barang atau jasa, maka semakin banyak pula orang yang menggunakan produk tersebut. Dengan demikian anda bisa menggunakan merek anda sebagai salah satu strategi marketing anda sehingga penjualan anda bisa semakin meningkat.

Sebagai jaminan mutu dan kualitas

Sebagai jaminan mutu dan kualitas

Kualitas merupakan salah satu faktor terpenting sukses atau tidaknya penjualan sebuah produk. Oleh karena itu, tidak heran jika suatu produk atau jasa banyak dikenal masyarakat luas karena memiliki kualitas yang bagus. Jadi, dapat disimpulkan bahwa 7 manfaat merek dagang selanjutnya adalah bisa digunakan sebagai indikator mutu dan kualitas suatu barang atau jasa.

Terlebih lagi konsumen akan lebih menyukai produk yang memang memiliki ketahanan dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan dengan produk yang daya tahannya hanya sebentar.

Disamping itu, sebuah layanan produk ataupun jasa yang memang berkualitas bagus dan tidak membuat para konsumennya kecewa, tentu saja juga akan lebih disukai oleh masyarakat. Hal ini artinya produk dengan kualitas yang bagus akan lebih dipilih oleh masyarakat.

Sebagai pembeda dengan produk lain

Sebagai pembeda dengan produk lain

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari merek adalah sebagai pembeda produk anda dengan produk yang lainnya. Karena pada dasarnya, setiap produk pasti memiliki kelebihan serta kekurang masing-masing. Selain itu, setiap produk pasti juga memiliki nilai unik atau daya tarik tersendiri yang bisa membedakan produk tersebut dengan produk yang lainnya.

Nah, dengan adanya merek ini maka anda bisa membuat produk anda menjadi lebih dikenal luas oleh masyarakat dengan ciri khas tertentu. Oleh sebab itu, penting sekali bagi anda untuk segera mendaftarkan merek anda sejak awal anda mulai merintis produk anda. Dengan begini, anda juga tidak perlu khawatir lagi ada pesaing anda yang mengambil nama atau merek produk anda.

Sebagai penunjuk asal barang atau jasa

Sebagai penunjuk asal barang atau jasa

Manfaat merek dagang lainnya yang harus anda ketahui adalah merek bisa berguna untuk menunjukkan asal dari produk atau jasa yang digunakan oleh konsumen. Selain itu, merek juga bisa membuat masyarakat mengidentifikasikan suatu produk yang mana nantinya membuat masyarakat tersebut bisa tahu lebih banyak tentang produk yang mereka identifikasi.

Dalam hal ini, mereka bisa mengetahui dengan jelas asal merek atau produk tersebut. Meskipun terlihat sepele namun asal muasal sebuah produk juga bisa menunjukkan mutu serta kualitas dari produk itu sendiri.

Mendapatkan hak eksklusif merek

Mendapatkan hak eksklusif merek

Apabila anda memiliki merek maka secara sah anda juga memiliki hak eksklusif merek yang dikeluarkan oleh negara kepada pemilik merek yang telah reami terdaftar untuk kurun waktu tertentu dengan memakai sendiri merek tersebut atau memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakan merek tersebut.

Dengan demikian ketika anda sudah memiliki merek maka anda sudah memiliki hak eksklusif atas produk anda. Sehingga orang lain tidak bisa menggunakan merek tersebut tanpa izin dari anda selaku pemilik merek yang sah.

Memiliki hak pengajuan pembatalan merek

Memiliki hak pengajuan pembatalan merek

Dengan memiliki merek, maka anda bisa mengajukan keberatan terhadap merek yang sama dengan produk yang anda miliki. Anda bisa mengajukan gugatan pembatalan merek kepada merek yang sudah terdaftar lainnya yang memiliki persamaan pada pokoknya atau malah keseluruhannya dengan merek yang sudah terdaftar milik anda di Pengadilan Niaga.

Secara garis besarnya, mendaftarkan sebuah merek memiliki banyak manfaat bagi anda karena merek anda bisa dilindungi secara hukum dan tentu saja merek tersebut bisa menjadi penanda antara produk anda dengan produk yang lainnya.

Contoh Merek Dagang 

Contoh Merek Dagang

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), merek adalah nama, kata, huruf, simbol, gambar, atau tanda lainnya yang digunakan oleh perusahaan dagang dan industri untuk nama barang – barangnya dan sebagai pembeda dari yang lain, biasanya dilindungi oleh hukum. Ada bermacam contoh merek dagang yang dilihat dari bentuknya, seperti.

Merek Angka

Merek yang menggunakan angka sebagai tanda produknya, contohnya:

• Kartu perdana 3

3 (tri) merupakan unit bisnis dari PT Hutchinson dibidang provider telekomunikasi, dengan 21 juta pelanggan dengan pangsa pasar mencapai 10%.

• Salep 88

Salep gatal pilihan pertama masyarakat Indonesia kebanyakan karena manfaat dan khasiatnya yang dipercaya, dan menjadi produk unggulan PT Meccaya.

• 234 (Dji Sam Soe)

Sudah seabad lamanya merek rokok 234 (Dji Sam Soe) ada di Indonesia, menjadi salah satu andalan PT HM Sampoerna Tbk dengan nilai merek mencapai 750 juta USD.

Merek Huruf

Merek dengan rangkaian huruf – huruf sebagai tanda produk, seperti:

• Baterai ABC

Diproduksi oleh PT International Chemical Industri (Intercallin) dan sejak tahun 1959 baterai ABC telah memenuhi kebutuhan energi listrik cadangan.

• SGM

Sejak tahun 1965, susu formula untuk bayi hingga balita produksi PT Sari Husada Tbk ini menjadi pilihan utama para orang tua untuk konsumsi penunjang bagi bayi mereka.

• CDR

Suplemen yang diproduksi PT Bayer ini telah membantu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh masyarakat Indonesia.

Merek Kata

Merek dagang yang menggunakan kata atau susunan kata, contoh:

• Kapal api

PT Santos Jaya Abadi dari Sidoarjo, Jawa Timur ini berhasil memproduksi merek kopi legendaris yang akan dikenal sepanjang masa.

• Indomie

Menjadi contoh merek paling sukses disektor konsumsi, yang diproduksi oleh Indofood dengan nilai merek mencapai 440 juta USD.

• Panasonic

Salah satu merek elektronik terbesar dari jepang, Panasonic, telah menghadirkan berbagai macam barang elektronik untuk rumah tangga sejak 1918.

Itulah contoh merek yang dilihat dari bentuk tanda yang digunakan dan paling sering digunakan perusahaan sebagai produk merek.

Pentingnya Merek Dagang yang Berkualitas 

Pentingnya Merek Dagang yang Berkualitas

Bagaimana cara untuk membuat merek yang baik? Memangnya mengapa merek sangat penting dalam pembuatannya? Untuk Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai merek dan seberapa pentingnya pembuatan merek yang berkualitas, berikut ini adalah ulasannya.

Pentingnya sebuah merek dagang

Merek dagang atau lebih banyak dikenal dengan trademark merupakan sebuah aset penting dalam sebuah bisnis. Bahkan ini adalah aset paling penting. Hal ini disebabkan karena merek lah yang akan membedakan bisnis Anda dengan bisnis orang lain terlebih pada kompetitor Anda.

Dengan memiliki merek yang kuat dan beda dari lainnya, akan lebih mudah bagi konsumen untuk menemukan bisnis Anda. Inilah yang menyebabkan pembuatan merek sangat penting untuk diperhatikan.

Cara membuat merek yang menarik dan sukses

Cara membuat merek yang menarik dan sukses

Seperti disebutkan sebelumnya, untuk membuat merek lebih dikenal, Anda harus bisa membuat merek dagang dengan sebaik mungkin. Nah, untuk membuat merek dengan baik ini, maka berikut adalah beberapa hal yang wajib Anda ketahui.

• Hindari merek dagang yang tidak bisa di daftarkan

Salah satu hal penting yang wajib Anda ketahui dan Anda perhatikan sebelum membuat sebuah merek adalah mengetahui apa saja hal yang membuat merek Anda tidak bisa di daftarkan. Mengapa? Karena percuma melakukan investasi pada merek yang tidak bisa di daftarkan.

Ketika bisnis Anda besar, Anda pasti ingin mematenkan merek Anda bukan? Dalam kondisi seperti ini, jika Merek Anda tidak bisa dipatenkan maka Anda yang akan merugi karena harus melakukan rebranding.

Bukan hal yang mudah bukan? Oleh karena itu, pastikan Anda tahu bagaimana sebuah merek seharusnya dibuat, dan merek seperti apa yang tidak bisa didaftarkan untuk memudahkan pembuatan merek Anda di masa depan.

 

• Hindari merek dengan kata yang umum

Seperti disebutkan sebelumnya, tujuan utama dalam hal membuat merek adalah untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis yang lainnya. Jika Anda membuat sebuah merek dengan kata-kata yang umum, hal ini tentu akan membuat merek Anda sulit untuk dikenal konsumen.

• Hindari merek 3 huruf

Cara terakhir adalah dengan menghindari merek yang dibuat dengan menggunakan 3 huruf. Merek yang dibuat dengan 3 huruf seperti IBM dan AT&T sesungguhnya merupakan sebuah merek yang buruk.

Lalu mengapa kedua perusahaan ini berhasil besar namanya dengan menggunakan 3 huruf ini? Perlu Anda tahu bahwa perusahaan IBM dan juga AT&T merupakan perusahaan besar yang sejak awal di bangun dengan dana yang besar. Artinya jika Anda memiliki uang, seburuk apapun merek yang Anda buat bukan masalah untuk menjadikannya terkenal.

Beda cerita jika Anda tidak memiliki modal yang cukup. Jika Anda memiliki modal kecil atau cenderung pas-pasan, akan lebih baik jika Anda segera mencari merek yang dapat bersaing di pasaran dengan baik.

• Merek dagang yang menjelaskan

Salah satu cara lain untuk membuat sebuah merek yang berkualitas adalah dengan membuat merek yang memiliki sifat deskriptif. Deskripsi ini bisa berupa tujuan atau bisa juga mengenai sebuah pengalaman. Salah satu contoh merek yang menggunakan teknik ini adalah “Sprint or Verizon” yang merupakan bahasa latina dari “untuk mencapai lebih tinggi”.

• Menggunakan nama binatang, hewan atau bahkan nama asteroid dan planet

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk merek Anda adalah dengan menggunakan nama hewan, tumbuhan atau benda langit sebagai inspirasi. Salah satu contoh merek besar yang menggunakan teknik ini adalah merek Apple. Selain menggunakan nama secara langsung, Anda juga bisa menggunakan nama-nama tersebut sebagai inspirasi untuk membangun nama lain.

Contohnya Anda bisa menggunakan kebalikan nama seperti Elppa, Regit dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda hanya perlu tahu bagaimana caranya menjadi seorang kreatif dan memanfaatkan kreativitas Anda.

• Buat kata-kata baru

Cara lain untuk membuat sebuah merek yang menarik adalah dengan membuat kata-kata baru. Membuat kata-kata baru akan membantu Anda untuk membedakan merek Anda dengan merek lainnya. Saat ini ada sangat banyak merek yang dibuat dengan menggunakan kata baru yang akhirnya menjadi sangat populer.

Contohnya Spandex dan juga Kodak. Spandex pada awalnya merupakan sebuah merek produk akan tetapi sekarang nama ini dikenal sebagai sebuah jenis kain. Coba bayangkan jika Anda memiliki sebuah produk dengan merek yang sesuai dengan produk unggulan Anda seperti spandex dan akhirnya merek Anda digunakan untuk merepresentasi produk secara umum pasti Anda akan sangat bangga bukan?

Manfaat Konsultan HKI Dalam Mematenkan Merek Dagang

Manfaat Konsultan HKI Dalam Mematenkan Merek Dagang

Dalam menjalankan sebuah bisnis secara formal dan serius, maka ada banyak hal yang perlu untuk diketahui oleh para pelaku dari bisnis itu saja dan salah satunya yaitu berkaitan dengan pendaftaran untuk melakukan paten terhadap merek yang dimiliki.

Untuk dapat menyelesaikan proses paten ini saja, terdapat banyak proses yang perlu untuk dialami sehingga pada akhirnya dapat disetujui meskipun proses ini saja bukanlah sebuah hal yang mudah sehingga banyak pula yang memilih untuk menggunakan jasa dari konsultan HKI.

Pentingnya Peran yang Dimiliki Bagi Konsultan HKI Dalam Proses Mematenkan Merek Dagang

Pentingnya Peran yang Dimiliki Bagi Konsultan HKI Dalam Proses Mematenkan Merek Dagang

Akan lebih baik jika mengetahui apa saja proses yang perlu untuk dilakukan dalam mematenkan merek. Termasuk juga segala dokumen yang perlu untuk diserahkan sebagai bentuk persyaratan dari pengajuan hak paten atas merek tersebut.

Perlu juga untuk diketahui bahwa pengajuan terhadap paten merek ini saja masih memiliki kesempatan untuk ditolak dari pihak bersangkutan yang berwenang dalam memberikan paten terkait hal ini. Dalam hal ini, tentu saja manfaat yang didapatkanyaitu berkaitan dengan memperkecil adanya kemungkinan terjadinya penolakan oleh pihak yang bersangkutan tersebut.

Hal ini termasuk juga dengan memberikan penjelasan kepada pelaku bisnis terkait dengan apa saja yang perlu untuk dipersiapkan secara lengkap dan menyeluruh untuk mempermudah pengajuan. Selain itu, perlu juga untuk diingat bahwa konsultan HKI juga sudah memiliki banyak pengalaman terkait dengan kepengurusan hal yang serupa sehingga tidak perlu lagi diragukan kemampuannya.

Setelah mengetahui berbagai dokumen yang diperlukan untuk diserahkan kepada pihak yang berwenang untuk dapat mendaftarkan merek, maka konsultan HKI nantinya akan membantu untuk menyelesaikan masalah jika memang terjadi.

Persiapan juga akan menjadi semakin mudah untuk dilakukan dan mengetahui apa saja hal yang perlu untuk diselesaikan sehingga prosesnya saja juga tidak memakan waktu yang lebih lama. Peran yang dimiliki oleh konsultan HKI ini saja dapat dikatakan cukup signifikan dan penting dalam membantu mendapatkan hak atas merek oleh pelaku bisnis.

Perlu untuk dipahami terlebih dahulu bahwa para konsultan ini saja merupakan pihak dengan kemampuan dan keahlian dalam kepengurusan hal satu ini. Termasuk juga dalam memahami apa pentingnya dan segala hal yang berkaitan dengan Hak Kekayaan Intelektual sehingga dapat membantu pelaku bisnis untuk mendapatkan hal yang dimiliki secara lebih maksimal dan baik.

Konsultan HKI ini saja juga bekerja dengan pengawasan dari lembaga dengan asosiasi dari berbagai pihak yang juga memiliki keahlian yang sama dengan konsultan ini. Biasanya pemilik bisnis atau perusahaan akan mendapatkan surat yang berkaitan dengan apa saja kekurangan yang dimiliki di dalam dokumen yang diserahkan beserta alasan atas penolakan yang diberikan.

Konsultan HKI dapat membantu untuk mengurus segala keperluan yang perlu untuk dilakukan dengan lebih cepat dan tentunya dengan keperluan lebih lengkap pula. Menggunakan bantuan dari konsultan HKI dapat membantu untuk menyelesaikan segala hambatan yang dihadapi oleh perusahaan atau pelaku bisnis ketika dalam proses pengajuan untuk kepemilikan hak paten merek.

Maka dari itu, masalah maupun hambatan ini dapat segera teratasi dengan lebih baik dan cepat karena konsultan HKI juga sudah memiliki banyak pengalaman sehingga mengetahui apa saja hal yang perlu untuk dilakukan. Oleh karena itu, menggunakan bantuan dari konsultan HKI dapat menjadi keputusan terbaik yang harus diambil.

Mengapa Kasus Pelanggaran Merek Dagang Marak Terjadi di Indonesia

Mengapa Kasus Pelanggaran Merek Dagang Marak Terjadi di Indonesia?

Semakin meningkat, berikut adalah beberapa alasan yang menjadi penyebab kasus pelanggaran merek dagang di Indonesia.

1. Pihak yang sengaja menjiplak

Beberapa produsen di Indonesia masih saja ada yang terlibat penjiplakan suatu merek. Para penjiplak sering kali berpikir bahwa mendompleng nama besar suatu merek akan cepat menghasilkan keuntungan secara pribadi hingga akhirnya berani meniru. Untuk alasan apapun menjiplak bukan suatu perbuatan yang bisa diabaikan.

2. Kurangnya kesadaran pemilik merek tentang hak merek

Di Indonesia, masih terdapat beberapa pemilik merek yang belum sadar pentingnya mendaftarkan hak merek. Pada beberapa kasus terdapat pembajak yang dengan sengaja mendaftarkan mereknya terlebih dahulu sebelum pemilik.

Para penegak hukum mengklaim bahwa hal ini bertujuan agar pembajak bisa bernegosiasi dengan pemilik merek. Mementingkan keuntungan pribadi pembajak berharap dapat berjualan kembali dengan merek tadi.

3. Nekat berjualan secara ilegal menggunakan merek besar

Nekatnya para pedagang menjual produk merek besar secara ilegal menjadi penyebab kasus pelanggaran merek lainnya di Indonesia. Ironisnya, merek tersebut sudah terdaftar di Direktorat Jendral HKI namun masih saja terdapat pihak-pihak tak bertanggung jawab yang nekat.

Penyelesaian kasus

Penyelesaian kasus

1. Gugatan perdata

Pemilik merek yang terdaftar bisa mengajukan gugatan kepada pelanggar atau pihak lain yang mengenakan merek tanpa izin, hal ini sudah diperkuat dengan adanya Pasal 83 UU No. 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Anda selaku pemilik merek yang terdaftar bisa mengajukan tuntutan ganti rugi atau penghentian bisnis pelanggar merek.

2. Pengaduan pidana

Langkah selanjutnya yang bisa ditempuh adalah pengaduan pidana. Sesuai UU Merek Pasal 103, Anda sebagai pemilik merek dapat menyampaikan aduan sehingga penegak hukum akan menindak pelaku pelanggaran merek.

3. Alternatif penyelesaian sengketa

Selain jalur hukum Anda bisa menempuh alternatif penyelesaian sengketa yang telah diatur pada UU Merek Pasal 93. Adapun alternatif penyelesaian sengketa yang bisa ditempuh yakni konsiliasi, mediasi, negosiasi, maupun cara lain yang telah dipilih oleh kedua belah pihak.

Contoh kasus hak merek di Indonesia

Contoh kasus hak merek di Indonesia

Kembali ke tahun 2015 lalu terdapat sebuah perusahaan farmasi multinasional asal Jerman bernama Merck KgaA yang mengajukan gugatan pada perusahaan lokal PT Phapros melalui Pengadilan Niaga yang terletak pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Nama Bioneuron yang telah dipatenkan oleh pemilik Merek dinilai telah digunakan oleh PT Phapros tanpa izin.

Akibatnya para konsumen susah membedakan merek dari perusahaan yang bersangkutan. Proses hukum kedua pihak sampai pada tahap kasasi, namun majelis hakim akhirnya memutuskan gugatan kasus pelanggaran merek dimenangkan oleh perusahaan asal Jerman tersebut dengan pertimbangan judex facti.

Kasus Sengketa Merek Dagang Geprek Bensu Vs I Am Geprek Bensu

Kasus Sengketa Merek Dagang Geprek Bensu Vs I Am Geprek Bensu

Artis Ruben Bensu pernah terlibat sengketa merek oleh pemilik usaha “I Am Geprek Bensu” yang dimiliki oleh Benny Sujono atau Yangcent. Benny Sujono selaku pemilik I Am Geprek Bensu, melaporkan Ruben Onsu ke Dirjen Kekayaan Intelektual, dan juga Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham) atas kepemilikan mereknya.

Masalah ini terus berlanjut dan akhirnya di menangkan oleh pihak Benny Sujono sebagai penggugat setelah diputuskan oleh pihak pengadilan. Mahkamah Agung (MA) telah memberi keputusan pada 20 Mei 2020 lalu bahwa merek Geprek Bensu telah resmi menjadi milik Benny Sujono.

Sengketa merek ini telah diputuskan, namun tak lama setelah Benny Sujono berhasil memenangkan hak milik merek Geprek Bensu. Kemudian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menghapus nama Geprek Bensu dari nama merek dari daftar Dirjen Kekayaan Intelektual.

Setelah merek Geprek Bensu dihapuskan, maka pihak Ruben Onsu ataupun Benny Sujono tidak dapat memakai merek tersebut untuk usaha mereka. Pihak dari Benny Sujono sendiri tidak setuju atas putusan yang diberikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Kasus sengketa merek ini menjadi semakin panjang. Bahkan dari pihak Benny Sujono sendiri melalui kuasa hukumnya Eddie Kusuma siap untuk menempuh jalur hukum untuk menggugat Dirjen Kekayaan Intelektual.

Awal dari masalah sengketa merek Geprek Bensu ini bermula dari laporan Ruben Onsu yang menggugat merek milik Benny Sujono, namun Ruben kalah dalam gugatan ini di pengadilan.
Mengapa kasus sengketa merek ini bisa dimenangkan oleh pihak Benny Sujono. Ada beberapa hal yang menyebabkan pihak Benny Sujono dapat memenangkan kasus ini.

Pertama karena merek Geprek Bensu milik Benny Sujono telah lebih dulu didaftarkan ke HAKI. Keluarga Benny Sujono juga mengatakan bahwa merek Bensu sendiri diambil dari nama ayah mereka yang bernama “Benny Sujono”.

Selain itu pihak keluarga Benny Sujono juga telah lebih dulu mempunyai bisnis ayam geprek. I Am Geprek Bensu pertama kali dibuka pada 17 April 2017. Dan usaha keluarga Benny Sujono berkembang pesat, dan memiliki cabang di Malaysia.

Setelah itu, Ruben memiliki usaha yang sama yaitu ayam geprek dengan nama Geprek Bensu yang pertama kali dibuka pada Agustus 2017. Penyelesaian sengketa merek dagang milik keluarga Benny Sujono dan Ruben Onsu ini akhirnya masuk ke ranah hukum, seperti apa yang sudah dijelaskan di atas.

Kembali ke tanggapan Dirjen Kekayaan Intelektual tentang sengketa merek ini, mereka siap menghadapi tuntutan hukum yang dilayangkan oleh pihak Benny Sujono, dan siap menerima konsekuensi jika pihak Benny Sujono dinyatakan menang oleh pengadilan.

Sebelumnya Dirjen Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah memutuskan bahwa penghapusan merek Geprek Bensu telah resmi dihapus secara hukum.
Itulah tadi penjelasan tentang sengketa merek Geprek Bensu.

Hukum UU Merek Dagang

Hukum UU Merek Dagang

Identitas dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis penting untuk dimiliki dan hal ini juga dilindungi di dalam Hukum UU Merek yang berlaku. Oleh karenanya, perlu untuk mengetahui apa saja hukum serta fungsi apa yang melindungi dan dimilikinya. Berikut ini merupakan daftar hukum untuk merek yang ada di Indonesia.

1. UU No. 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis Pasal 100 Ayat 1

Pada UU ini mengatakan bahwa penggunaan merek yang sama dengan milik orang lain tanpa izin mendapatkan pidana yaitu 5 tahun atau denda dua miliar rupiah. UU ini berfungsi untuk mencegah penggunaan merek pada jenis barang yang sama. Penggunaan UU satu ini dapat membantu untuk memberikan hak secara eksklusif terhadap merek yang sudah didaftarkan dan digunakan.

Pemilik merek tersebut dapat juga memilih untuk memberikan izin kepada orang lain untuk dapat menggunakannya yang dibuktikan dengan pemberian lisensi. Bagi pemilik merek akan mendapatkan sertifikat setelah berhasil mendaftarkannya secara hukum resmi.

2. UU No. 20 Tahun 2016 Pasal 35 Ayat 1

Pada Hukum UU Merek kali ini lebih merujuk tentang untuk perlindungan hukum terhadap merek yang sudah terdaftar secara resmi selama 10 tahun. Pengusaha dapat mengajukan gugatan jika ia menemukan penggunaan merek yang sama oleh orang lain tanpa izin.

UU ini dapat memberikan perlindungan jika pemilik dari merek menemukan bahwa orang lain telah menggunakan merek tersebut tanpa adanya lisensi yang resmi. Gugatan dapat diajukan menyesuaikan dengan hukum yang berlaku pada negara. Perlindungan ini tentu saja bermanfaat agar penggunaan merek dapat dikontrol dengan baik sesuai dengan yang pemilik inginkan.

Itu merupakan beberapa dari Hukum UU Merek yang perlu untuk diketahui bagi para pelaku usaha. Hal ini merupakan salah satu hal yang perlu untuk dilakukan bagi pelaku usaha agar dapat melindungi usahanya. Terutama bagi para pelaku UMKM agar tidak adanya penggunaan merek tanpa izin yang diberikan oleh mereka.

brand

 

Bingung bagaimana membuat merek dagang Anda solid?

Bingung jika mereka dagang Anda dibajak pebisnis lain?

Bagaimana fenomena merek dagang yang mudah dibajak orang lain?

Jika Anda membuat produk, jangan lupa untuk mencantumkan merek dagangnya, hal ini sangat penting. Merek merupakan ciri dari suatu produk yang Anda jual dipasaran. Konsumen akan mudah mengenal produk Anda bila ada mereknya. Namun, saat ini banyak merek dagang yang mudah sekali dibajak oleh pebisnis lain.

Pembajakan merek bukan sepenuhnya kesalahan orang lain, Anda seharusnya yang berkewajiban melakukan pendaftaran merek dagang saat menciptakan produk atau jasa. Membuat merek itu bukan hal yang mudah, jika Anda ingin melindungi merek dagang maka Anda harus melakukan tindakan yang tepat untuk hal itu.

Bagaimana jika merek dagang Anda dibajak atau dijiplak pebisnis lain?

Sebagian besar pelaku bisnis memang malas jika harus mendaftarkan merek, mereka banyak yang beranggapan tanpa mendaftarkan merek dagang pun mereka sudah bisa mendapatkan keuntungan. Namun, mendaftarkan merek dagang itu penting agar merek mendapatkan perlindungan hukum hingga Anda bisa mendapatkan hak eksklusif terhadap merek Anda tersebut.

Mendaftarkan merek bukan hanya ingin mendapatkan hak eksklusif saja, namun merek dagang yang telah didaftarkan bisa mencegah dan mengatasi pembajakan merek. Bisa saja merek dagang Anda dijiplak sebagian atau seluruhnya oleh pesaing Anda. Jika merek dagang Anda telah didaftarkan maka penjiplakan atau pembajakan bisa diatasi dengan mudah. Merek Anda yang telah dijiplak oleh pebisnis lain bisa membuat konsumen bingung, konsumen akan lari pada pebisnis lain dengan merek yang sama.

Pendaftaran merek dagang bisa menyelamatkan investasi Anda dalam bisnis yang telah dijalankan. Usaha Anda untuk memasarkan produk akan sia-sia jika merek dagang Anda dijiplak oleh pebisnis lain. Jika pesaing menggunakan merek dagang yang mirip dengan merek dagang Anda, konsumen atau pelanggan Anda akan bingung dan pada akhirnya Anda akan kehilangan customer anda. Hal ini akan merugikan Anda bukan hanya dari segi financial namun juga dari segi reputasi perusahaan atau bisnis Anda.

Beberapa keuntungan pendaftaran merek dagang:

  • Perlindungan merek dagang yang resmi.
  • Memberikan kemudahan dan jaminan pelanggan untuk membedakan satu produk dengan produk lainnya.
  • Bisa dilisensikan sehingga meningkatkan omset dan kesuksesan Anda.
  • Merek dagang yang telah terdaftar akan menjadi asset bisnis yang sangat berharga.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda.
  • Memudahkan Anda untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa.
  • Membantu mendapatkan keuntungan lebih cepat.

Sekarang Anda bisa memilih, pendaftaran merek dagang sendiri atau alternatif lain yang lebih mudah?

Kami berikan solusi yang sangat mudah untuk mendaftarakan mereka dagang. Anda tidak perlu mengurus sendiri pendaftaran merek dagang tersebut, Anda hanya menyetorkan beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran merek dagang anda.

Jika banyak pebisnis yang malas mendaftarakan merek dagangnya karena alasan tidak memiliki waktu, hal ini memang benar. Jika Anda mengurus sendiri pendaftaran merek Anda, hal ini akan memakan waktu yang lama. Kami memberikan solusi untuk pendaftaran merek dagang dalam waktu yang cukup singkat.

Bagaimana pendaftaran merek dagang melalui konsultan merek kami?

Kami membantu Anda untuk mendaftarkan merek dagang anda secara resmi di Ditjen Hak Kekayaan Intelektual untuk melindungi merek anda.

Beberapa keuntungan mendaftar merek dagang pada kami diantaranya:

  • Waktu relatif singkat.
  • Biaya sangat terjangkau, tidak ada biaya tambahan.
  • Garansi 100% berhasil.
  • Merek dagang Anda akan mendapatkan hak eksklusif yang sangat berharga.
  • Melindungi merek dagang Anda dengan cara yang mudah.
  • Konsultasi gratis.

Bayangkan jika Anda melakukan pendaftaran merek dagang sendiri, mengurus pendaftaran sendiri, menyiapkan semua dokumen dan menjalani berbagai pemeriksaan substantif, berapa lama waktu yang Anda butuhkan? Jika Anda sibuk dan tidak ada waktu untuk mengurus pendaftaran merek, padahal pendaftaran tersebut sangat penting, memilih kami sangat tepat. Kami membantu merek dagang Anda aman dari pembajakan, merek dagang Anda akan solid dan tidak ada yang menyamainya dan tidak ada yang berani meniru merek dagang anda.

Berapa harga kepengurusan mendaftar merek dagang?

Jika Anda mendaftarkan merek dagang pada kami, Anda akan menghemat biaya. Kami memberikan harga yang cukup terjangkau untuk pendaftaran merek dagang Anda tanpa dipungut biaya lain-lain. Anda akan mendapatkan hak eksklusif untuk merek dagang perusahaan Anda sekalipun dengan biaya terjangkau.

Jika Anda mengurus pendaftaran merek sendiri, berapa biaya transportasinya, berapa biaya untuk mengurus dokumen kesana-kemari, kalkulasikan hal itu kemudian bandingkan penawaran harga yang kami berikan untuk Anda.

Kami adalah konsultan pendaftaran merek dagang yang professional dan terpercaya, kami akan memberikan yang terbaik untuk Anda mengenai pendaftaran merek dagang yang Anda miliki. Anda cukup menyerahkan dokumen yang kami minta, setelah itu merek dagang Anda sudah didaftarkan pada dirjen HKI.

Bagaimana, masih takut  merek dagang Anda dibajak pebisnis lain?

Jika Anda ingin sukses berbisnis tanpa takut pembajakan merek dagang, segera daftarkan merek Anda dan kami siap membantu dengan  penawaran harga yang murah.

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah mengetahui bahwa brand atau merek yang akan didaftarkan pada Dirjen HKI tidak boleh mempunyai unsur persamaan dengan brand produk yang lain. Suatu pengajuan pendaftaran brand pun biasanya akan ditolak Dirjen HKI jika memiliki unsur persamaan secara keseluruhan ataupun pada pokoknya untuk barang dan jasa yang sudah didaftarkan lebih dulu atau barang dan jasa yang sudah terkenal. Unsur persamaan yang dimaksud merupakan kemiripan baik pada bentuk, susunan warna, penulisan, penempatan atau pelafalan dan sebagainya.

Jelas pendaftaran dilakukan karena ada fungsi tersendiri yang bisa Anda peroleh selaku pemilik produk.

Berikut beberapa fungsi dari pendaftaran merek/ brand produk ke Dirjen HKI:
• Menjadi tanda bukti atas kepemilikan hak pada brand yang Anda daftarkan.
• Menjadi dasar penolakan pada brand-brand lain yang sekiranya memiliki persamaan baik pada pokok ataupun secara keseluruhan untuk produk barang atau jasa sejenis yang didaftarkan oleh pihak lain.
• Menjadi pencegah kemungkinan penyalahgunaan pemakaian brand barang dan jasa yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Dengan demikian, pendaftaran merek memang bersifat mendesak dan sangat dibutuhkan. Meskipun bisnis yang Anda jalankan masih baru, tidak ada alasan untuk menunda pendaftaran. Anda pasti tidak ingin brand Anda dicuri orang dan akhirnya Anda harus membayarkan royalti kepada pencuri tersebut bukan? Oleh karena itu segera daftarkan brand Anda.

Mengetahui Kriteria Merek yang Tidak Bisa Didaftarkan
Guna menghindari kerugian karena pengajuan atau permohonan pendaftaran merek Anda ditolak Dirjen HKI

Berikut beberapa kriteria brand yang harus Anda hindari:
• Sudah menjadi milik bersama atau milik umum
• Tidak memiliki daya pembeda
• Didaftarkan dengan tujuan atau itikad tidak baik
• Ditemui adanya tiruan atau kemiripan baik nama, singkatan nama, simbol negara, simbol lembaga nasional atau internasional, bendera dan sebagainya tanpa adanya persetujuan tertulis dari pihak berwenang.
• Tidak sesuai dengan peratuan yang berlaku dan mengganggu ketertiban umum, kesusilaan, dan moralitas dalam keagamaan.

Pihak Pemohon
Permohonan atau pendaftaran merek boleh dilakukan oleh Anda sendiri atas nama individu, kelompok, badan hukum, ataupun perseroan terbatas. Jika memang Anda tidak memiliki waktu lebih untuk mengurus proses pengajuan atau pendaftaran seorang diri, maka Anda boleh memberikan surat kuasa kepada pihak lain. Kami siap membantu mengurus pendaftaran merek dagang Anda.

Adapun menggunakan jasa konsultan Kami tentu lebih menguntungkan. Pastinya Anda tidak perlu kewalahan atau repot-repot mempersiapkan semua kebutuhan selama proses pendaftaran karena pihak konsultan HKI akan mengurus segala keperluan yang dibutuhkan. Anda akan diwakili mulai dari awal hingga akhir proses pendaftaran.

Demikian beberapa langkah-langkah pra pengajuan merek ke Dirjen HKI. Semua proses mudah terutama bila menggunakan konsultan Kami. Semoga bisa menjadi informasi bermanfaat, sehingga bisa membantu mencegah kemungkinan adanya kerugian di kemudian hari. Hubungi Kami sekarang untuk pendaftaran Merek Dagang Anda. Kami siap membantu Anda.