Makalah Hak kekayaan intelektual

Makalah Hak kekayaan intelektual merupakan salah satu cara dalam menjaga hak yang dimiliki setiap orang tanpa terkecuali. Hal itu dikarenakan hasil dari kekayaan intelektual pasti dilindungi dan dijaga oleh orang atau pihak yang menciptakannya. Tidak mungkin, orang yang telah menciptakannya diam saja saat ada orang lain mengacak-acak ataupun menggunakan tanpa izin. Ibaratnya, seperti meminjam barang berharga milik orang lain, pastilah minimal harus miminta izin atau berbicara terlebih dahulu kepada yang memiliki.

Makalah Hak kekayaan intelektual

Setelah diizinkan, baru bisa dipinjam dalam jangka waktu tertentu. Jika dipinjam atau diambil tanpa izin sama artinya dengan mencuri. Anda sebagai salah satu pencipta kekayaan intelektual, harus mengetahui etika seperti ini agar ke depannya dapat saling menjaga hasil kekayaan intelektual masing-masing tanpa mengganggu orang lain.
Bagaimana cara menghormati kekayaan intelektual orang lain? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghormati hasil kekayaan intelektual yang diciptakan oleh orang lain.

Pertama, mengakui keberadaannya. Kekayaan intelektual yang dapat berupa benda, pemikiran atau gagasan tersebut dapat Anda manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Itulah salah satu contoh menghormatinya, yaitu dengan mengakui keberadaannya serta fungsinya dalam kehidupan di tengah masyarakat. Kedua, tidak menjelekkannya. Terkadang seseorang melakukan perilaku yang tidak terpuji, yaitu menjelek-jelekkan hasil karya orang lain.

Makalah Hak kekayaan intelektual indonesia

Mereka melakukan itu karena menganggap bahwa karya seperti itu memang tidak layak dinikmati apalagi digunakan. Padahal, orang yang menjelek-jelekkan seperti itu, belum tentu dapat membuat sebuah karya yang lebih bagus dari yang dijelekkan. Oleh karena itu, tidak harus saling menghormati dan tidak menjelekkan.
Ketiga, mendukungnya. Anda bisa mendukung sebuah ide atau gagasan dari orang lain. Jika ide atau gagasan itu memang bagus, tidak ada salahnya Anda mengikutinya karena memang bermanfaat. Pasalnya, ide dan gagasan seperti itu juga termasuk kekayaan intelektual.

Etika meminjam atau meminta hasil dari kekayaan intelektual
Sebuah kekayaan intelektual, misalnya dalam bentuk barang dapat dipinjam, diminta, atau dibeli dengan harga yang sudah disepakati bersama. Tidak menutup kemungkinan hasil kekayaan seperti itu memang sengaja untuk diperjualbelikan oleh pembuatnya untuk mencari keuntungan. Anda yang menginginkannya dapat meminta izin kepada orang yang membuatnya, kemudian membelinya.

Biasanya, hasil kekayaan intelektual yang sudah dijadikan dalam berbagai produk memang bertujuan untuk dikomersialkan atau dijual. Oleh karena itu, Anda pun bisa membelinya. Sebagai contoh, sebuah produk obat herbal dari tanaman tertentu yang ditemukan oleh seseorang. Setelah diproduksi dalam jumlah yang tidak sedikit, produk herbal tersebut mulai dipasarkan secara luas di masyarakat. Animo masyarakat terkait produk tersebut cukup tinggi, sehingga agen atau penjualnya mendapat keuntungan yang lumayan banyak. Itulah salah satu contoh etika dalam menghormati kekayaan intelektual yang dimiliki orang lain.

    Chat WA